Program Gizi Seimbang Untuk Menerapkan Pola Hidup Sehat Rutin Digelar Di UPT SPF SDN Batutambung Makassar


Pilar Utama Dalam Prinsip GIBA SPRIN ( GIZI Seimbang  Isi Pringku ) Program Ini Rutin Dilakukan  Peserta Didik Sebagai Upaya Memberikan Edukasi Tentang Makanan Yang Sehat Yang Digelar Pada Sabtu 12.- 10- 2024.

realitasnews.net-- -- Makassar, -- -- Pada tahun 1952, Pemerintah mengenalkan konsep 4 Sehat 5 Sempurna untuk dijadikan sebagai pedoman dalam memenuhi kebutuhan Gizi Masyarakat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pemerintah memperbarui konsep tersebut menjadi Pedoman Gizi Seimbang yang didasari oleh 4 pilar utama dari 10 persen gizi seimbang.

Kepala Sekolah UPT SPF SDN BATUTAMBUNG  Kacamatan Biringkanaya Makassar Nurul Hikmah NR, S.Pd, M.Pd saat ditemui awak media di ruang kerjanya baru- baru ini mengatakan, Gizi Seimbang adalah susunan menu makan sehari-hari yang mengandung zat gizi lengkap guna memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Bahwa komsumsi Gizi seimbang telah diatur melalui Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia ( Permenkes ) Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang," jelasnya.


Lebih lanjut dia mengatakan, Program Gizi Seimbang ini rutin dilaksanakan sebagai upaya memberikan edukasi tentang makanan yang sehat, tentunya dengan dukungan para orang tua diajarkan makanan yang bergizi pada anak- anak mereka," ungkapnya.

Selain itu, Gizi seimbang adalah susunan asupan sehari- hari yang jenis dan jumlah zat gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pemenuhan asupan gizi ini juga harus memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, prilaku hidup bersih, dan mempertahankan berat badan normal guna mencegah masalah gizi," ucapnya 

Disamping itu, dalam proporsi makanan yang seimbang, jumlah yang cukup, tidak berlebihan, dan dilakukan secara teratur. Kita dapat menerapkan prinsip Isi Piringku yang sesuai dengan kebutuhan masing- masing individu," ( Lis rn ).

Posting Komentar

0 Komentar