Kunjungan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah ( BIAS) D UPT SPF SDN Cambaya Kec Ujung Tanah Makassar 2024


Dalam Rangka Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Di Wilayah Kerja Puskesmas Pattingalloang Kec Ujung Tanah Makassar Pada Rabu 09- 10- 2024.

realitasnews.net-- -- Makassar, -- -- Pemberian imunisasi pada anak usia sekolah dasar atau disebut Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) adalah pemberian imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit campak, rebelia, difteri, tetanus dan kanker serviks.

Tim Puskesmas Pattingalloang menyampaikan, bahwa Program BIAS sangat penting karena sejak anak mulai memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi. 


Oleh karena itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar, sederajat yang pelaksanaannya serentak di Indonesia," jelasnya.

Selanjutnya, sasaran pelaksanaan BIAS adalah anak kelas 1, 2, 5 dan 6. Anak kelas (1), Campak, kelas (2),Td semua siswa, anak kelas (5),TD dan HPV siswa laki-laki dan perempuan, dan anak kelas (6),HPV hanya siswa perempuan," ucapnya.

Lanjut dia sampaikan, dalam melaksanakan imunisasi pada kegiatan BIAS, sasaran yang harus dijangkau tidak hanya anak yang sekolah atau berada di satuan pendidikan, tetapi juga anak usia sekolah yang tidak sekolah.

Perubahan paradigma dari imunisasi dasar lengkap menuju imunisasi rutin lengkap menjadikan BIAS sebagai salah satu tolak ukur, dimana seorang anak tidak hanya mendapatkan imunisasi pada saat bayi dan dibawah dua tahun tetapi juga harus dilengkapi dengan imunisasi lanjutan pada anak usia sekolah  tingkat dasar," terangnya.


Sementara itu, Kepala Sekolah UPT SPF SDN Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Makassar HASANUDDIN, S.Pd, M.Pd menyampaikan, bahwa pada dasarnya saya mendukung penuh Program Imunisasi BIAS.

Saya mengajak para orang tua siswa agar diberikan semangat kepada anak- anaknya dalam kegiatan Imunisasi untuk meningkatkan kekebalan," ungkapnya.

Lanjut dia mengatakan, kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) atas kerjasama pendidikan dan di wilayah kerja Puskesmas Pattingalloang Kecamatan Ujung Tanah Makassar di laksanakan pada Rabu Oktober 2024. 

Menurutnya, bahwa imunisasi adalah langkah terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit- penyakit berbahaya. 

Dengan melaksanakan BIAS telah memberikan perlindungan tambahan kepada siswa- siswi kami. Ini adalah tindakan proaktif dalam menjaga kesehatan kita semua," tutupnya. ( Lis rn ).

Posting Komentar

0 Komentar