Ketua Timsus LSM LIPAN Indonesia Mengecam Keras Pembangunan Bumi Perkemahan Di Hombes Lama Kec. Simbang Kab Maros


Muh Tahir Sila Selaku Ketua TIMSUS LSM Lentera Independen Pemerhati Aspirasi Nusantara ( LIPAN) Indonesia Sekaligus Ketua Forum Masyarakat Simbang ( FORMAS ) Mengecam Keras Pembangunan Bumi Perkemahan Di Hombes Lama Yang Bisa Menhilangkan Bibit  Pemain Sepak Bola.

realitasnews.net-- -- Maros, -- --  Sementara ini telah berlangsung pekerjaan tahap ke tiga pembangunan BUMI Perkemahan di Hombes Lama Dusun Bantimurung Desa Jenetalasa kecamatan Simbang Kabupaten Maros Sulawesi Selatan pada Senin 07- 10- 2024.

Muhammad Tahir sila pada saat mengunjungi Lapangan untuk melihat anak -anak yg sedang latihan merasa sedih melihat kondisi lapangan yang sejak Tahun 2008 mulai membenahi agar lapangan Hombes lama bisa di gunakan masyarakat bermain sepak bola tapi dengan adanya pembangunan BUMI PERKEMAHAN membuat lapangan hombes lama tdk bisa lagi di gunakan untuk ajan kompetisi," ucap Muh Tahir 

Menurutnya, lapangan hombes lama sajak tahun 2008 adalah lapangan sepak bola yg di gunakan untuk pelaksanaan pertandingan sepak bola yg di sebut SIMBANG CUP, yang pertama kami laksanakan pada tahun 2008 dan terakhir kami laksanakan SIMBANG CUP 6 pada tahun 2018.

Pada tahun 2000 masih banyak masyarakat yang tinggal di Kabupaten Maros tidak tau letak Kecamatan SIMBANG apa lagi orang yg dari luar," ungkapnya.

Tapi dengan adanya pertandingan sepak bola SIMBANG Cup yg pesertanya dari 14 Kecamatan bahkan ada Team yg dari luar Kabupaten Maros membuat letak Kecamatan SIMBANG mulai di ketahui oleh masyarakat Kabupaten maros bahkan orang dari luar Kabupaten Maros.

Sejarah ini, ada satu kenangan yang  susah kami lupakan pada tahun 2012 SIMBANG Cup 3 yang kami laksanakan dan di undang untuk membuka turnamen adalah Kepala Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan.

Beliau mengatakan, bahwa itu Kecamatan SIMBANG apa di atas gunung, tapi begitu beliau datang kelapangan sepak bola Hombes Lama Kepala Dinas (Kadis) baru tau bahwa sebagian kawasan permandian Alam Bantimurung masuk di Daerah Pemerintah Kecamatan Simbang,"  
ujar Muhammad Tahir 

Lebih lanjut dia mengatakan, Lapangan Sepak Bola Hombes Lama banyak membantu untuk memperkenalkan keberadaan letak Kecamatan Simbang..

Sekiranya Pemerintah Kabupaten Maros perlu menjaga kelangsungan keberadaan lapangan Sepak bola Hombes Lama," terangnya.

Olehnya itu, Kami berharap kepada Baharuddin Putra Daerah Simbang sekarang  menduduki Jabatan selaku Camat Simbang Kabupaten Maros  jangan cuma jadi penonton, agar bisa ikut berperan aktif menjaga keberadaan Lapangan Sepak Bola Hombes Lama agar bisa di gunakan kembali sebagai mana mestinya," jelasnya.


Muhammad Tahir sila juga  mempertanyakan kepemilikan tanah di Hombes Lama.

Menurut dia sekitar tahun 2006 waktu Itu masih Mappong Kepada Desa JENETAESA dan Asbi selaku Camat di Kecamatan Simbang  itu sering terjadi keributan antara Purna Wirawan yang  tinggal di HOMBES Lama dan masyarakat sekitar HOMBES Lama  dan Saya waktu itu juga ikut terlibat langsung dalam keributan,  pemicu keributan pada saat itu sebagian Purnawirawan menkleim lahan kodam 12 hektar sedangkan masyarakat yang  ada penggantian cuma 5,7 Hektar, tapi pada saat keributan yg selalu datang adalah orang dari Kodim Maros bahkan dari Kodam Hasanuddin saya tidak perna melihat ada orang dari pemerintah Kabupaten Maros.

Asbi saja pada waktu itu sebagai camat Simbang saya kami datang cari di Kantor Camat untuk hadir di lokasi.

Tapi kenapa sekarang Tanah HOMBES Lama menjadi milik Pemerintah Kabupaten Maros.

Kami mewakili masyarakat kecamatan Simbang khususnya masyarakat pencinta sepak bola, meminta kepada pemerintah Kabupaten terkhusus kepada BupatiI Maros Ketua DPRD Kabupaten Maros dan jajarannya agar meninjau kembali pekerjaan pembangunan BUMI Perkemahan di HOMBES Lama," tutupnya.(samsir rn ).

Posting Komentar

0 Komentar