PEMBUKAAN LOMBA FTBI TINGKAT KOTA MAKASSAR BERTEMPAT DI KOMPLES SD GALANGAN KAPAL KEC TALLO MAKASSAR




Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu ( FTBI ) Tingkat SD Kota Makassar Yang Diselenggarakan Di Komples SD Gangan Kapal Kec Tallo Makassar Pada Jumat 13 Hingga 14 Oktober 2023.

realitasnews.net--- Makassar--- Festival Tunas Bahasa Ibu ( FTBI ) tingkat SD Kota Makassar memperlombakan empat  bahasa daerah yang besar dan banyak digunakan di Makassar, yaitu, Komedi  Bahasa Makassar, Mendongeng Bahasa Makassar, Komedi Tunggal Bahasa Makassar, Carpen Bahasa Makassar. 

Bentuk kegiatan FTBI tingkat SD Kota Makassar yaitu lomba Berpidato, Mendongeng, Menulis, Cerpen, dan Komedi Tunggal dalam bahasa Makassar.



Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar H. Muhyiddin, SE, MM atau mewakili beliau Dr. Syarif, M.Pd, Ketua K3S Kecamatan Tallo  Sudirman, S.Pd, M.Pd, Ketua KKG bahasa daerah Kota Makassar Sunardi, S.Pd, M.Pd,  Pengawas Kecamatan Tallo Hasnawati Majid, S.Pd, Ketua Panitia pelaksana Yusran, S.Pd, M.Pd, Pemandu Acara Rahmawati, S.Pd, dan Kepala Sekolah Galangan Kapal 1,2,3,4, Guru pendampin siswa- siswi Festival lomba, serta para undangan.

Siawa- siswi kelas 4  UPT SPF SDI Galangan Kapal 2 Kecamatan Tallo Makassar dalam pembukaan Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu ( FTBI ) menampilkan tarian seni budaya bugis makassar.



Dr, Syarif, M.Pd  membuka kegiatan FTBI dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar sangat mendukung sepenuhnya kegiatan lomba FTBI bagi anak- anak kita berbahasa Makassar dan bahasa Bugis. Tahun lalu kita juga ikut dalam beberapa perlombaan yang diikuti 24 Kabupaten Sulawesi Selatan, Alhamdulillah, sempat meraih juara, jelasnya.

Lanjut, Dr Syarif mengatakan, bahwa Kota Makassar bisa menjadi salah satu contoh dimana bahasa- bahasa daerah yang dominal. Bahasa Makassar dan Bahasa Bugis dapat di evaluasi serta masing- masing hidup dikelola oleh masyarakatnya dan tidak ada saling konflik.



Beliau juga mengatakan, bahwa bahasa daerah merupakan aset yang harus dijaga karena menjadi identitas masyarakat. 

Festival Tunas Bahasa Ibu ( FTBI ) tahun 2023 salah satu wujud perlindungan bahasa dan sastra daerah bertujuan menjadikan generasi muda. 

Pemerintah Kota Makassar dan Dinas Pendidikan mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan FTBI dan berharap dari tahun ke tahun kegiatan ini bisa diselenggarakan, ucapnya." ( Lis rn ).

Posting Komentar

0 Komentar