PELAKSANAAN PERINGATAN MAULID NABI BESAR MUHAMMAD SAW 1445 H TAHUN 2023 DI MASJID BABUSSALAM MAKASSAR



Dalam Rangka Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1445 Hijriah Di Babussalam Jl. Barukang Utara Kel Cambaya Kec Ujung Tanah Makassar Pada Senin 02- 10- 2023, Pukul 20.00 Ba'da Isya. Panitia Pelaksana Selaku Ketua Drs, H.Zainal Abidin, Sekretaris H. Amir Towo, S.Sos.

realitasnews.net--- Makassar--- isra' Mi'raj merupakan perjalanan suci dan bukan sekedar perjalanan " wisata" biasa bagi Rasul. Peristiwa ini menjadi perjalanan bersejarah sekaligus titik balik dari kebangkitan dakwah Rusulullah SAW.

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di hadiri oleh Ketua Umum Masjid Babussalam Drs, H. Zainal Abidin, Sekertaris, H. Amir Tuwo, S Sos, Wakil Sekertaris Muslimin, Hikmah Maulid Ustaz Dr, H.Mustaming Mulla, MA, Lurah Cambaya atau mewakili Tujuardi, Binmas, Tokoh Masyarakat H. Bani Majelis Takhlim, serta para undangan.


Sebelum acara dimulai terlebih dahulu pembacaa ayat suci Al-Quran yang dibawakan oleh Ustaz Abd Rasyid Imam Rawatib Masjid Babussalam,dan Shalawat Bahdar oleh Majelis Tahklim, kemudian kata sambutan oleh H.Amir Towo, S.So, Lalu sepata kata Lurah Cambaya atau mewakili Tujuardi, dilanjutkan oleh H. Bani, dan selanjutnya Hikma Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang di antarkan oleh Ustaz Dr, H. Mustaming Mulla, MA.

H. Amir Towo, S.Sos selaku Sekertaris Masjid Babussalam menyampaikan, terima kasih kepada seluruh Pengurus dan para Jamaaf atas terlaksananya acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Ini dilaksanakan setiap tahun merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Sebab, pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam, ungkapnya.

Kemudian dilanjutkan dengan ceramah hikma Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang di sampaikan oleh Ustaz Dr, H. Mustaming Mulla, MA, 

Beliau menyampaikan, bahwa Isra Mi'raj adalah dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Isra Mi'raj merupakan perjalanan suci. Peristiwa ini menjadi perjalanan bersejarah sekaligus titik balik dari kebangkitan dakwah Rasulullah SAW.



Ada 124000 Nabi yang diutus oleh Allah dan 313 Nabi sekaligus Rasul. Serta 25  Nabi dan Rasul wajib diamini termasuk rukun Imam apabilah ke 25 Nabi dan Rasul tidak diamini maka tidak sah sahadat. Isra Mi'raj merupakan salah satu  siar, apa itu siar adalah simbol ciri khas oleh orang- orang yang bertaqwa memperkokoh kembali kecintaan kepada Rasulullah SAW, ucapnya.

Beliau juga mengatakan, Miraj adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Peristiwa ini merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW kelangit yang dilakukan pada malam yang sangat bersejarah, menjadi sangat penting posisinya bagi Umat Islam. Sebab, pada peristiwa itulah Nabi mendapatkan perintah shalat lima waktu.


Lanjut, Ustaz Dr, H. Mustaming, MA mengatakan, Peristiwa Isra Mi'raj terbagi dalam dua peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad SAW " diberangkatkan" oleh Allah SWT dari Masjid Haram hingga Masjid Aqsa. Lalu dalam Miraj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini, Nabi mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan shalat lima waktu.

Nabi mendapat tiga gelaran,  Pertama Nabi Muhammad, Kedua Muhammad dan Ketiga Nur Muhammad. 

Selain itu, Ustaz Dr. H Mustaming Mulla, MA  mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW saat Miraj mencerminkan hakikat spiritual dari shalat yang dijalankan umat Islam sehari- hari. Dalam artian, shalat adalah Mi'raj- nya orang- orang beriman. Sehingga jika kita tarik benang merahnya, ada beberapa urutan dalam perjalanan Rasulullah SAW," tutupnya. ( Lis rn ).

Posting Komentar

0 Komentar