KEGIATAN GLADI ANBK GELOMBANG 1 BERLANGSUNG DI UPT SPF SDI GALANGAN KAPAL IV MAKASSAR



ANBK Atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer Merupakan Program Penilaian Terhadap Mutu Setiap Sekolah, Program Kesetaraan Di Jenjang Pendidikan Dasar Hingga Menengah Dilaksanakan Pada Senin 9 Oktober 2023.

realitasnews.net--- Makassar--- Masyitah, S.Pd selaku Kepala Sekolah UPT SPF SDI Galangan Kapal IV Kecamatan Tallo Makassar saat di temui awal media di ruang kerjanya pada Senin 9 Oktober 2023 mengatakan, bahwa kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) yang dilaksanakan siswa- siswi kelas V bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, berdasarkan infomasi akurat di setiap sekolah untuk memperbaiki kualitas belajar- mengajar yang pada gilirannya akan meningkatkan hssil belajar murid.

Hasil dari Asesmen Nasional nantinya, berupa informasi yang dapat dipakai untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu, jelasnya.



Lanjut dia mengatakan, Tak hanya itu, menurut penjelasan pada ANBK Kemendikbud bahwa tujuan ANBK, adalah mengembalikan tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sstuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut, ucapnya.

Disampin itu, dengan adanya Asesmen Nasional ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran di sekolah. 

Program ANBK ini dilakukan oleh Kemdikbud untuk menilai secara keseluruhan baik dari sisi kognitif maupun non kognitif siswa,"kuncinya. ,( Lis rn )

Posting Komentar

0 Komentar