PLN Secara Nasional Adakan Pergantian KWH Meter Lama Ke KWH Meter Baru Secara Gratis di Makassar


Program Penggantian dari KWH Meter Lama Monolog menjadi KWH Meter Smart AMI. Program  pergantian ini sedang dilaksanakan di PLN UP3 Makassar Selatan ULP Panakkukang dan PLN UP3 Makassar Utara ULP Karebosi.

Lokasi pergantian KWH Meter bukan saja di  jalan Barukang Utara Kelurahan Cambaya Kecamatan Ujung Tanah, tetapi hampir sudah merata di wilayah Kota Makassar, meski masih banyak warga menolak sebab belum mengetahui pasti informasi pergantian dan belum ada sosialisasi dari PLN di daerahnya.

 realitasnews.net--- Makassar--- PLN mulai menerapkan Smart Meter dengan sistem Advanced Metering Infrastructure ( AMI ) di rumah masyarakat. Pemasangan penggantian meteran listrik konvensional ini sebagai bentuk trasformasi digital untuk layanan kelistrikan.

Menurut salah seorang petugas penggantian KWH Meter, Fathurrahman mengatakan, PT PLN ( Persero ) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahan listrik terkemuka se- Asia Tenggara untuk melakukan transformasi melalui inovasi untuk meningkatkan pelayanan tenaga listrik di indonesia. 

Lanjut Fathur, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mulai mengimplementasikan smart meter berbasis Advanced Metering Infrastructure ( AMI ) Alat pengukur penggunaan listrik ini dilengkapi sistem komunikasi digital yang lebih canggih, akurat dan berkualitas.

"KWH meter SMART AMI para pelanggan bisa memantau, mengetahui profil berjalan secara realtime melalui aplikasi PLN Mobile, tidak perlu menunggu tagihan listrik sesuai kebutuhan. Artinya semua semakin mudah karena dapat dikendalikan hanya dalam satu genggaman," ucapnya.





Selain itu, Moch Andy Adchaminoerdin selaku General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sualwesi Tenggara dan Sulawesi Barat ( UD SulSelbar ) menjelaskan, bahwa implementasi smart meter AMI ini akan membuat keyamanan pelanggan semakin meningkat. 

"KWH meter SMART AMI merupakan alat pengukur penggunaan listrik yang dilengkapi dengan fitur komunikasi dua arah untuk penyediaan informasi yang komprehensif," jelasnya.



Disamping itu, KWH METER SMART AMI dapat memudahkan baik PLN maupun pelanggan masyarakat untuk bisa mengetahui profil beban sekaligus tagihan listrik berjalan secara realtime.

Dia menambahkan, melalui pengguna smart meter AMI, pembacaan meter yang sebelumnya dilakukan secara manual ( doir to door ) oleh petugas, kini bisa dilakukan secara digital sehingga lebih akurat serta privasi pelanggan akan kebih terjaga. 

"KWH METER SMART AMI ini membawa banyak manfaat  saat pembacaan data meter secara real time dan dilakukan dari jarak jauh sehingga tidak diperlukan lagi pembacaan meter ke lokasi tersebut," kata Andy.

M. Arfah Sulaiman Salah satu warga RT/ RW 001/004 Jalan Barukang Utara Lr 5 Kelurahan Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar ketika dikonfirmasi awak media saat berlangsungnya pemasangan smart meter pelanggan mengatakan, dia juga berminat menggunakan meteran smart AMI ini kerena canggi dan gratis saat penggantian KWH METER SMART AMI di jalan Barukang, kecamatan Ujung Tanah, pada Sabtu 16 September 2023

"Apabila ada terjadi gangguan, penanganan oleh petugas PLN dapat lebih cepat," katanya.



Menurutnya, ini sangat membantu manfaat inovasi layanan kelistrikan tersebut langsung dirasakan oleh masyarakat pelanggan dan membawa manfaat yang besar. Pelanggan dapat memantau penggunaan dan tagihan listrik secara akurat, sistem yang lebih aman dan pelayanan yang lebih cepat.

"Terima kasih kepada PLN atas pengganti meter yang canggih ini dan semoga masyarakat lain dapat turut merasakan manfaat positif meteran AMI ini,"  tutupnya. ( Lis rn )

Posting Komentar

0 Komentar