KEGIATAN SIMULASI ANBK DI UPT SPF SDI KANTISANG KEC TAMALANREA MAKASSAR.TA 2023- 2024



Asesmen Nasional  Berbasis Komputer Atau Disingkat ( ANBK ) Ini Dilaksanakan Guna Mengevaluasi Dan Memetakan Mutu Pendidikan Dengan Memotret Input, Proses Dan Outpu Pembelajaran Bagi Tiap Satuan Pendidikan.

realitasnews.net--- Makassar--- Sebelum melaksanakan ANBK yang sesungguhnya siswa dapat melakukan simulasi ANBK 2023 untuk berlatih sekaligus mempersiapkan, ANBK ini dirancang dan dilaksanakan oleh Kemendikbud sebagai pengganti Ujian.Nasional ( UN ).



Hj. Arnida, S.Pd, MM selaku Kepala Sekolah UPT SPF SDI Kantisang Kecamatan Tamalanrea Makassar saat ditemui awak media diruang kerjanya pada Kamis 10 Agustus 2023 mengatakan, ANBK bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.



Sementara ANBK memiliki kepanjangan Asesmen Nasional Berbasis Konputer yang merupakan program penilaian. Siswa akan dengan beberapa soal seperti literasi dan numerasi agar bisa memaksimalkan pemahaman dalam proses pembelajaran siswa di sekolah, ungkapnya.

Selain itu, Hj. Arnida mengatakan, bahwa kegiatan hari pertama berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, karena siswa sudah mulai bisa mengoperasikan komputer, sebelumnya siswa sudah belajar mengoperasikam komputer di sekolah.

ANBK bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik, Asesmen Nasional dirancang tidak hanya sebagai pengganti ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional.

Namun sebagai petanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan," kuncinya.  (Iis/rn-mks)

Posting Komentar

0 Komentar