KEGIATAN ANBK GELAR UPT SPF SDI BUTTATIANANG 2 KEC TALLO MAKASSAR



Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) Dilakukan Secara Serentak Diseluruh Wilayah Indonesia Dan Meliputi Berbagai Bidang Studi Atau Mata Pelajaran Tahun 2023.

realitasnews.net--- Makassar--- Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrmen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika ( Numerasi ) murid. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai keyakinan dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. Survei Lingkungan belajar aspek input dan proses belajar mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Hj. Sumiati, S.Pd selaku Kepala Sekolah UPT SPF SDI Buttatianang 2 Kecamatan Tallo Makassar saat di temui media Realitasnews Pendidikan di ruang kerjanya pada Selasa 8 Agustus 2023 mengatakan, kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer dilaksanakan selama dua hari mulai Senin  7 hingga 8 Agustus 2023. Kegiatan hari pertama yakni  pelajaran literasi, hari kedua Numerasi, 



Menurut Hj. Sumiati, bahwa Asesmen Nasional adalah program Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret imput, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan, ucapnya.

Lanjut dia mengatakan, ANBK dilakukan selama dua hari setiap jenjang pendidikan. Nantinya, setiap peserta akan mengerjakan tiga bagian ujian per harinya dengan durasi waktu yang berbeda- beda untuk hari pertama dengan instrumen literasi dan hari kedua dengan intrumen numerasi, bahwa Asesmen Nasional adalah program pemerintah untuk menilai mutu pendidikan setiap sekolah, jelasnya.



Disamping itu, Tujuan ANBK adalah meningkatkan kemampuan literasi bagi peserta didik melalui ANBK, dapat diukur sejauh mana kemampuan literasi membaca setiap peserta, hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing- masing peserta. 

ANNK adalah program penilaian mutu yang dilakukan setiap sekolah dan program kesetaraan pada jenjang dasar maupun menengah, penilaian ini mantinya akan dilakukan berdasarkan pada kemampuan dasar peserta didik mulai dari literasi, numerasi dan karakter, " kuncinya. ( Lis rn )

Posting Komentar

0 Komentar