Dr. Hasrullah : "Nama Bro Rivai Disebut Layak Jabat Gubernur Sulsel"



"Bro Rivai yang berlatar belakang santri dan aktivis, merupakan alumnus Insinyur Teknik Arsitektur dan Perencanaan Universitas Hasanuddin (Unhas), yang banyak mengerti tentang konsep desain bangunan, sistem perencanaan kota, dan tata ruang wilayah, termasuk dalam karier militernya merancang konsep wilayah pertahanan di lingkungan TNI AL dan di Kementerian Pertahanan RI" 


realitasnews.net -- MAKASSAR,-- Nama Laksamana Pertama (Laksma) TNI. Abdul Rivai Ras (akrab disapa Bro Rivai) semakin viral di media sosial (medsos) dan publik. Pasalnya, sosok  Bro Rivai ini dinilai sangat layak menjabat posisi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel).

Memasuki Purna Bakti Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (ASS) yang bakal mengakhiri masa jabatan pada Selasa, 5 September 2023.

Mencermati kekosongan jabatan Gubernur Sulsel, nama Bro Rivai, Perwira Tinggi TNI AL ini masuk dalam bursa calon penjabat (Pj) Gubernur Sulsel. Namanya disebut-sebut sebagai salah seorang pengganti Andi Sudirman Sulaiman (ASS).

Menurut pakar komunikasi politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dr. Hasrullah, M.A. menilai Bro Rivai sangat layak. Alasannya, kata dia, nama Bro Rivai bersih, sepak terjangnya dan perjalanan karirnya baik.

"Jadi beliau adalah salah satu tokoh nasional yang sangat memahami terkait pemerintahan,” nilai Hasrullah.
 
Pengagas Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Kebangsaan Unhas ini menjelaskan, Bro Rivai sangat layak menjabat posisi Gubernur Sulsel. Hasrullah bahkan berharap Bro mengikuti jejak Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, mantan Rektor Unhas yang menjadi Gubernur Sulsel kelima. 

“Saya pikir, bukan saja Pejabat Gubernur, tetapi beliau juga mempunyai peluang besar untuk dapat memimpin Sulsel sebagai gubernur definitif. Apalagi, beliau sudah pernah masuk dalam bursa cagub pada 2018 lalu,” jelasnya. 

Lebih lanjut Dosen Pascasarjana Komunikasi Politik Unhas ini mengatakan, Bro Rivai sangat memahami kultur di Sulawesi Selatan. Salah satu putra terbaik juga. Jadi, kata Hasrullah, beliau sangat wajar diberi kesempatan Jabat Gubernur Sulsel. 

"Saya mengharapkan beliau akan mengikuti jejak Prof. Ahmad Amiruddin. Namun, semua keputusan kembali ke pusat, sebagai penentunya,” tukas Hasrullah. 

Selain Bro Rivai, kata Hasrullah, sejumlah nama turut disebut-sebut dalam bursa Pj Gubernur Sulsel. Mulai dari Prof. Dr. Jamaluddin Jompa (Rektor Unhas), Prof. Dr. Husain Syam (Rektor UNM) dan Nana Sudjana selaku Inspektur Utama Setjen DPR RI.

Sambung Ketua Yayasan Masjid Nurul Ittihad Kalukuang ini, masih ada sederetan nama, seperti Inspektur Jenderal Depdagri, Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir. Lalu Dr. Drs. Bachtiar, M.Si (Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri), Dr. Akmal M Piliang (Direktur Jenderal Otonomi Daerah Depdagri). 

"Jadi DPRD Provinsi Sulsel pun bakal membahas mekanisme dan nama calon Pj. Gubernur pada Rabu, 26 Juli 2023 besok. Itu merujuk pada surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 100.2.1.3/3734/SJ yang diterbitkan pada 21 Juli 2023," kuncinya.

Dari rekam jejak, Bro Rivai yang merupakan Perwira Menengah (Pamen) TNI AL dengan pangkat Kolonel, tak lama akan menyandang pangkat Laksamana Pertama (Laksma) karena jabatan yang didudukinya harus diisi perwira tinggi (pati).
Dalam kiprahnya, Abdul Rivai Ras (Bro Rivai) adalah perwira militer akademisi yang juga merupakan salah seorang pendiri Universitas Pertahanan (Unhan).


Bro Rivai yang berlatar belakang santri dan aktivis, merupakan alumnus Insinyur Teknik Arsitektur dan Perencanaan Universitas Hasanuddin (Unhas), yang banyak mengerti tentang konsep desain bangunan, sistem perencanaan kota, dan tata ruang wilayah, termasuk dalam karier militernya merancang konsep wilayah pertahanan di lingkungan TNI AL dan di Kementerian Pertahanan RI.


Setelah lulus dari Sekolah Perwira Prajurit Karier (Sepa-PK) di tahun 1993, langsung bertugas di Subdinas Konstruksi dan Instalasi, Dinas Fasilitas Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) II, Komando Armada Barat (Koarmabar), Jakarta. (1n54f)

Posting Komentar

0 Komentar