10 Muharram Dan Kolaborasi Caleg Di Warkop Hijrah Makassar


realitasnew.net -- MAKASSAR,-- Sebagai bulan pertama dalam penanggalan Islam, Muharram memiliki banyak sekali keistimewaan. Hal tersebut dari berbagai belahan dunia Islam, memperingati 10 Muharram (lebih dikenal dengan istilah 10 Asyura) dengan berbagai ragam dan corak budaya dan tradisi masing-masing.

Momentum 10 Muharram 1445 Hijriah, sejumlah Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota dan Provinsi berkolaborasi memperingati 10 Muharram sebagai ajang silaturrahmi dan rasa syukur, dilaksanakan di Warkop Hijrah, jalan Tinumbu, Jumat, 28/07/2023, pukul 17.00 wita dirangkaikan buka puasa dan sholat magrib berjamaah.


Dalam tauziah Ustads Darwis menyebutkan, dalam sabda Rasulullah SAW: "Sesungguhnya, zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. 1 tahun ada 12 belas bulan, di antaranya 4 empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan, yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab, antara Jumadil Tsani (Jumadil Akhir) dan Sya'ban." (HR. Bukhari dan Muslim).



"Nah, bulan Muharram termasuk salah satu bulan yang bulan haram (suci) yang dianjurkan untuk melakukan kebaikan," katanya.

Usai tauziah, dilanjutkan dengan sambutan dari Caleg Nomor 9, DPRD Kota Makassar, Daerah Pemilihan (Dapil) 2, Partai NasDem, Syarifuddin BS, mengungkapkan, tentang pentingnya silaturrahmi dalam momentum 10 Muharram. Tentunya, kata dia, ini memberikan kebaikan dan dapat mengantarkan pada pemahaman dan kerjasama guna mengaktualisasikan sebuah gerakan perubahan yang lebih baik.

"Jadi gerakan perubahan adalah Restotasi Indonesia dapat diartikan sebagai gerakan memulihkan, mengembalikan, serta memajukan fungsi pemerintahan Indonesia kepada cita-cita Proklamasi 1945, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan berbangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia," ungkap Syarifuddin BS, serentak dapat aplous dari pengunjung Warkop Hijrah.



Syarifuddin dalam kesempatan itu, menyebutkan satu persatu, Pengurus DPP Resopa (Relawan Soelawesi Pejuang Anies), dan beberapa relawan dan simpatisan Anies Baswedan yang hadir dalam memperingati 10 Muharram.

Sementara Imbar Ismail, dari Caleg PKS, Dapil 1 Makassar A, DPRD Provinsi Sulsel mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih adanya kegiatan perkumpulan yang membicarakan soal keagamaan seperti ini. Momentum 10 Muharram, kata dia, dapat dijadikan spirit dan kerjasama dalam membangun masyarakat yang sejahterah.



"Harapan saya, kegiatan harus lebih ditingkatkan dan disebarluaskan, agar menjadi syiar Islam dan ukhuwah Islamia semakin merekat," katanya.

Disela-sela waktu tersisa, Subroto, Caleg PKS, yang terdaftar di Papua dan sebagai pemilik Warkop Hijrah ini mengatakan, rasa haru dan terima kasih atas kehadirannya di warkop Hijrah. Pasalnya, kata dia, ini momen yang baik untuk kita silaturrahmi dan menjadi harapan yang lebih baik bagi kita semua.

"Semoga pak Syarifuddin dan pak Imbar dapat duduk sebagai anggota DPRD Kota dan Provinsi, dan saya pun di doakan semoga bisa duduk sebagai wakil rakyat di Papua," tutupnya. (1n54f) 

 

Posting Komentar

0 Komentar