KEGIATAN WORKSHOP KURIKULUM MERDEKA 2023 BERLANGSUNG DI UPT SPF SDN BADDOKA MAKASSAR



Dalam Rangka Pelaksanaan  Kegiatan Wokshop Kurikulum Merdeka Se Kecamatan Biringkanaya  Yang Dipusatkan Di UPT SPF SDN Baddoka Kec Biringkanaya Makassar Pada Rabu  21 Juni 2023.


realitasnews.net-- Makassar-- Menyambut tahun ajaran baru 2023- 2024 Sekolah Dasar ( SD ) di Kota Makassar mengikuti kegiatan Wokshop Implementasi Kurikulum Merdeka bersama para Kepala Sekolah se kecamatan Biringkanaya Makassar, sebagai upaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik ( Guru ). Sebagai langka awal pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka ( IKM ) yang di Gelar di UPT SPF SDN Baddoka Kecamatan Biringkanaya Makassar pada Rabu 21 Juni 2023.

Kamelia Yusup,S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah UPT SPF SDN Baddoka Kecamatan Biringkanaya Makassar menyampaikan dalam kegiatan Wokshop ini untuk memastikan bahwa guru memiliki kompetensi yang cukup dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, maka diperlukan pelatihan dan wokshop yang fokus pada peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Woksop ini bertujuan untuk membantu guru dalam memahami konsep dan strategi yang terkait dengan kurikulum merdeka, dan kegiatan wokhsop ini sangat membantu  pada  guru yang menerima materi pembelajaran kurikulum merdeka. 



Pelaksanaan kegiatan wokhsop di hadiri para kepala sekolah se Kecamatan Biringkanaya Makassar, dan dihadiri empat orang pemateri, ucap Kamelia.

Sedangkan, H. Agus, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah UPT SPF SDI Tangkala 1 Kecamatan Biringkanaya Makasaar juga sebagai pemateri dalam kegiatan wokhsop  mengatakan, pembangun karakter itu sangat susah, karena pembentukan karakter betul- betul tertanam dari dalam seseorang. 

Mengenai guru perlu memiliki keteranpilan dalam merancang pembelajaran yang efektif dan bermaknah untuk siswa. Hal ini meliputi pemilihan bahan ajar yang tepat, penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan pembangunan instumen evaluasi yang akurat.

Dalam wokhsop ini, guru juga akan diajarkan bagaimana menerapkan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan memperkuat karakter siswa, terangnya.

Selain itu, Yunus S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah UPT SPF SDI Paccerakkang Makassar mengatakan, dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar ada 6 macam literasi dasar.yang menjadi tuntutan kompetensi  Literasi dasar ini, yaitu Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital Finansial, dan Literasi Budaya dan Kewargaan,  digunakan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar," kuncinya. ( lis rn )

Posting Komentar

0 Komentar