"Mappettu Ada" Suku Bugis Berlangsung Hikmat Di Kompleks Perum Antang Jaya - Makassar



Suku Bugis Makassar Memang Cukup Terkenal Dengan Beragam Kebudayaan Mulai Dari Bahasa, Pakaian, Perhiasan, Kuliner, Hingga Kebiasaan Atau Tradisi. Salah Satu Tradisi Tersebut Adalah Mappettu Ada Di Rumah Keluarga Besar Dg. Sulaiman / Hasia Di Komples Perumahan Antang Jaya Makassar Pada Senin 15 Mei 2023.

realitasnews.net-- Makassar-- Mappettu ada berasal dari kata bugis ' Mappettu"  yang berarti memutuskan dan kata " Ada "  yang berarti perkataan.  Jadi mappettuada berarti memutuskan perkataan tentang pernikahan.

Tradisi ini akan mempertemukan kedus keluarga besar dari calon mempelai pria dan mempelai perempuan. Biasanya keluarga pria yang berkunjung kediaman mempelai perempuan.

Pada hari ini Senin 15 Mei 2023 pukul 10.00 Wita Utusan atau yang  diamanakan kepada keluarga besar Dg. Sampe / Hj. Bulan yang beralamat di jalan Barukang  5 Keluarahan Pattinggaloang Kecamatan Ujung Tanah Makassar datang kerumah keluarga besar Dg. Sulaiman / Hasia dalam rangka Mappettuada atau Melamar Putrinya bernama Musdalifa bin Sulaiman.



Kedua keluarga besar akan membahas lima poin yakni, Uang Belanja ( doi panainna ), kedua. Mahar ( atau sunrrang ), ketiga. Uang Nikah ( pernikahan ) keempat. Hari dan Tanggal Pernikahan.

" Alhamdulillah, pelamaran ini sudah dil semuanya disepakati kedua belah pihak dan dapat berjalan tertib, lancar, dan sukses.

Adapun kesepakatan, 1 : Uang Belanja / doi panai ) sebesar Lima Pulah Juta Tiga Ratus Tujuh Ribu Rupiah ( Rp 50.307000 ),  2 : Mahar sebuah cinci dan gelang emas Lima Gram ( 5 ). Ketiga : Uang Nikah berdua kedua mempelai. Keempat : Beras seratus kilo ( 100 kg . Kelima : Hari dan Tanggal Pernikahan untuk mempelai wanita pada ( hari Minggu Tanggal 9 Juli 2023  pukul 10.00 Wita.

Selain itu, Nuraeni. HS selaku pihak calon mempelai perempuan Musdalifa mengucap syukur Alhamdulillah atas kedatangan keluarga besar Calon mempelai laki- laki Muh. Ismail pada hari ini Senin 15 Mei 2023 kami menerima rombongan keluarga besar DG Sampe Hj.Bulan dengan maksud untuk melamar Anakda bernama Musdalifah bin Sulaiman, bahwa anas nama keluarga maki menerima lamaran sesuai adat istiadat bugis makassar dan disepakati kedua belah pihak, ucap Nuraeni.

Adat bugis Makassar, merupakan salah satu ciri yang menujukkan suku tertentu. Indonesia adalah negara yang palin banyak suku tertentu memiliki beragam bahasa. Peroses mappetuada berlangsung cukup hikmah dan haru, mengingat momen tersebut awal dari memulai penyatuan dau insan berbeda dalam satu ikantan perkawinan. kuncinya. ( lis rn )

Posting Komentar

0 Komentar