PELAKSANAAN KEGIATAN KKG GUGUS 1 KEC TALLO MAKASSAR BERTEMPAT DI UPT SPF SDN RAPPOJAWA NO 71



Pelaksanaan Workshop " Model Pembelajaran Kreatif Terintegrasi Pembelajaran Diferensiasi " Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Gugus 1 Kecamatan Tallo Makassar Pada Sabtu 11 Februari 2023.


realitasnews.net-- Makassar--Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu upaya mewujudkan Merdeka Belajar dengan pembelajaran yang sangat berkaitan erat dengan filosofi pendidikan oleh Ki Hajar Dewantara, nilai, visi dan perang guru penggerak, serta budaya positif.

Salah- satu filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah sistem " among" yang memiliki arti bahwa guru harus dapat menuntun siswa untuk berkembang sesuai dengan kodratnya atau sesuai bakat dan minatnya.

Seperti halnya yang dilaksanakan Kelompok Kerja Guru ( KKG )  Gugus 1 Kecamatan Tallo Makassar yaitu pelaksanaan Workshop " Model Pembelajaran Kreatif Terintegrasi Pembelajaran Diferensiasi " selaku memateri Firmansyah, S.Pd, M.Pd, dan pengurus KKG Gugus 1 Ketua Erwin, S.Pd, Gr, Sekretaris Hasyuniyanti, S.Pd, dan mengetahui Ketua Gugus 1 Kecamatan Tallo Drs. Batoto.



Dalam kegiatan tersebut, Firmansyah, S.Pd, M.Pd salah satu pemateri dari SDN 244 Lawo Kabupaten Soppeng menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi, karena pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu nilai dan perang guru penggerak, Tergerak, bergerak dan menggerakkan dalam menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada murid,dimana pembelajaran yang memerdekakan pemikiran dan potensi murid, terangnya.

Lanjut Firmansyah mengatakan salah satu visi guru penggerak adalah mewujudkan merdeka belajar dan orofil pelajar pancasila. Untuk mewujudkan visi tersebut salah satu caranya adalah dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Jadi pembelajaran berdiferensiasi ini merupakan pembelajaran yang menyediakan kebutuhan belajar siswa yang beragam. Guru tidak bisa memberikan perlakuan yang sama pada siswa. Guru harus bisa memfasilitasi sesuai kebutuhan siswa yang mempuyai ragam karakteristik yang berbeda- beda, ucapnya.



Selain itu Drs.Batoto menyampaikan, kegiatan tersebut dihadiri 6 sekolah di Kecamatan Tallo Makassar yang bertempat di UPT SPF SDN Rappojawa No 71 pada Sabtu 11 Februari 2023, diantaranya SDI Rappojawa selaku Kepala Sekolah Ibu Ratna, S.Pd, SDI Buttatianang 2 selaku Kepala Sekolah Hj Sumiati, S.Pd, SD Muhammadiyah 10, SD Hasyim Ashari, dan SD Darul Ma' arif, " Alhamdulillah" kegiatan pelaksanaan Workshop Model Pembelajaran Kreatif Terintegrasi dan Diferensiasi ini dapat berjalan dengan baik,aman, lancar dan sukses.

Olehya itu, Drs Batoto mengatakan bahwa ciri- ciri atau kerekteristik pembelajaran berdiferensiasi antara lain, lingkungan belajar yang membuat siswa ingin belajar, kurikulum dengan tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, terdapat penilaian berkelanjutan, guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar siswa, dan manajemen kelas efektif, tutupnya.( Lis rn )

Posting Komentar

0 Komentar