MALAM KE 7 TAKZIAH DIRUMAH DUKA ALMARHUM ARLAN SYAM DI JLN BARUKANG 5 MAKASSAR

Dalam Rangka melaksanakan TAKZIAH di  malam ke 7  pada Rabu malam 16 Februari 2022, pukul 18,30 WITA  di Jalan Barukang 5 Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar." Almarhum Arlan Syam Binti Dg Suddin Umur 31 Tahun telah berpulan Kerahmatullah pada hari   dan dua anak yang ditinggalkan dua orang anak laki laki sekitar 6 tahun dan 1 perempuan sekitar 1 tahun.

Untuk itu Allah SWA berjalan dan berilah kabar gembira kepada orang- orang sabar ( 155 ) yaitu orang- orang yang apabila telah menimpa mereka suatu musibah, mereka mengatakan ," Inna lillahi  Wainna Ilahi Rajium ( Artinya ) sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kepada- Nya kami kembali,"(QS Al- Bagarah ( 2 ): 155- 156 ).
Realitas- News- Makassar- Secara bahasa, TAKZIAH artinya menguatkan. TAKZIAH biasa dilakukan oleh Muslim untuk menghibur saudara dan kerabatnya sesama Muslim yang sedang berduka. Seorang Muslim memang dianjurkan untuk menghibur saudaranya sesama Muslim ketika ditinggalkan oleh anggota keluarga yang lain.
Banyak orang salah memahami bahwa TAKZIAH artinya adalah melayat. Padahal bukan itu arti sebenarnya. TAKZIAH bisa disebut sebagai bentuk ikatan persaudaraan Islam untuk saling meringankan beban saudaranya dalam bentuk dukungan moral maupun material bila terkena musibah.

Saat ada yang meninggal tetangga dan lingkungan sekitarnya dianjurkan melayat dan membantu prosesi penguburan jenazah. Prosesi itu menunjukkan penghormatan Islam kepada manusia, mulai dari mengkafani, menshalatkan, dan menguburkannya dengan layak ketika ia meninggal dunia.
Ustasd Mursalim Majid, SE, MPH menyampaikan dalam acara Taksiatul Maut bahwa bulan Rajab adalah bulanya Allah SWT pada malam ini kita melakukan TAKZIAH tidak sama amalan di bulan lain, Bulan Rajab kita melakukan kebaikan tentu jauh lebih banyak pahala- pahala yang kita dapati dilipat gandakan oleh Allah SWT. Begitu pula tingkatan Surga ada seratus tingkatan seperti berbuat baik kepada kedua orang tua kita, itu berbeda beda cara melakukanya," ungkapnya 

Selain itu, Ustad Mursalim Majid mengatakan hukum TAKZIAH adalah sunah bagi semua orang baik laki- laki maupun perempuan, anak kecil ataupun orang dewasa. Dasar hukum dari pernyataan ini antara lain adalah hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dan Iman Al Baihaki, bahwa tidak ada seorang Mukmin - pun yang bertakziah kepada saudaranya yang mendapat suatu musibah, kecuali Allah SWT akan mengenakan kepadanya pakaian kemuliaan pada hari kiamat. Sesungguhnya Allah berhak atas apa yang dia ambil, baginya apa yang telah dia berikan, dan segala sesuatu mempunyai ajal tertentu disisi- Nya. Maka bersabarlah dan simpanlah ( pahala kesabaranmu ) disisi Allah,"  ( HR Bukhari )

Sementara itu, Acara TAKZIAH dihadiri oleh Ketua RW  Muh. Rusdi S.Pd sekaligus protokol dan Ketua RT, Hamsi Ustad Mursalim Majid ,SE, MPH, Qoriah ustas Zuhri, S.Pd Toko Masyarakat dan para undangan.

Sebelum inti acara TAKZIAH dimulai terlebih dahulu pembacaan Kalam ilahi yang diantarkan oleh adik kita Qoriah Ustas Zuhri,S.Pd, dan dilanjutkan hikmah TAKZIAH oleh Ustas Mursalim Majid sekaligus penutupan pembacaan doa, 

Semoga almarhum Arlan Syam Binti Dg Suddin telah diterima amal kebaikanya disisi Allah SWT dan diampuni segala dosa- dosanya serta diberikan tampat yang layak disisi Allah RABBIL ALAMIN." kuncinya.( lis- rn )

Posting Komentar

0 Komentar