Kegiatan Mengajar Sehari Di Sekolah Lain Tingkatkan Mutu Pendidikan Di Bantaeng

Laporan Suarni dari Bantaeng 

realitasnews.net -- BANTAENG --- Manfaat sekolah yang penting diketahui adalah bisa melatih kedisiplinan dan sosialisasi. Kemampuan sosialisasi ini penting untuk bermasyarakat, sebab tanpa memiliki kemampuan sosialisasi orang tidak akan mudah membaur dengan sekelompok orang atau masyarakat tertentu.
Mencermati hal tersebut, maka program sehari mengajar di sekolah lain yang merupakan program uggulan gugus SDI.Teladan Merpati yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Lembang Cina dihadiri oleh Ibu Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud),Sudyawany,S.STP., M.AP. dan Pejabat Fungsional Saenong, S.Pd., M.M. seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) se gugus dan para guru kelas 1 sampa kelas 6 se-gugus

Menurut Sudyawany, kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat berkolaborasi, saling melengkapi dan menambah wawasan.
"Jadi kegiatanini patut diberikan apresiasi, guna meningkatkan kualitas mengajar para guru dalam meningkatkan mutu pendidikan," ungkapnya.
Sementara Kepsek SD Negeri 3 Lembang Cina, Hj. Nur Alam, S.Pd., MM sangat mengapresiasi kegiatan mengajar di sekolah lain. Selain menambah pengalaman pengajar, suasana dan wawasan pun bertambah. Meskipun demikian, kata Nur Alam, Protokol Kesehata (Prokes) tetap diutamakan. 

"Jadi prokes menjadi syarat utama dalam pelaksanaan pengajaran tatap muka, dan kegiatan sehari mengajar di sekolah lain ini, baru Gugus SDI. Teladan Merpati yang melaksanakan di Bantaeng. Olehnya itu bapak Kadis menamakan Gugus kami, Gugus inovatif," terangnya.
Nur Alam memaparkan, SD Negeri 3 Lembang Cina aktif dalam melaksanakn pendidikan, tetap memperhatikan prokes di masa covid ini. Sekolah kami, kata dia, menjalin kerjasama dengan orang tua siswa melalui wadah parenting sekolah begitu pula komite sekolah, instansi terkait, insan pers sebagai mitra dan badan-badan lain serta orgnisasi kemasyarakatan.

Sambung Nur Alam menjelaskan, SD Negeri 3 Lembang Cina sudah berstatus akreditasi A unggul. Memiliki tenaga pendidik yang cukup. Memiliki 6 rombongan belajar dan guru-guru kreatif dan selalu berinovasi dalam membelajarkan peserta didik.
Nur Alam menambahkan, bahwa kegiatan sehari mengajar di sekolah lain ini terlaksana berkat petunjuk, saran dan bimbingan bapak Kadis Dikbud Kabupaten Bantaeng dan jajarannya, ibu Kabid dan bapak pengawas yang selalu setia hadir mendampingi kami.

Kepsek SD Negeri 3 Lembang Cina ini menjelaskan, guru-guru yang mengajar di sekolah lain dalam hal ini bukan siswanya yang dihadapi. Kami merasa sangat senang, tadinya mengajar siswa di desa kini mengajar siswa di kota begitu pula sebaliknya.
"Jadi dapat membandingkan sekaligus berkolaborasi, saling melengkapi bukan mencari kesalahan. Jadi lewat kegiatan ini, kami ingin meningkatkan kualitas belajar mengajar dan mutu pendidikan, khususnya di SD Negeri 3 Lembang Cina, dan umumnya se Kabupaten Bantaeng," tutupnya. (Nani/RN-Btg)

Posting Komentar

0 Komentar