WALIKOTA MAKASSAR MINTA CAMAT DAN LURAH MELAKSANAKAN POSKO SIAGA BANJIR

Laporan M. Ilyas Dari Makassar

realitasnews.net -- Makassar -- Walikota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto), mengeluarkan instruksi peringatan siaga banjir menyusul Intensitas cuaca hujan yang terus meningkat, hingga memasuki masa puncak musim penghujan hingga awal tahun sampai Maret 2022 sesuai prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dalam arahanyan Danny Pomanto menegaskan, kami sudah memerintahkan seluruh camat untuk mengaktifkan recover kontainer kita, sebagai posko bencana banjir dan angin kencan, puting beliung, kesiap siagaan bencana. "Mesti dipersiapkan sejak dini menyusul pandangan Ilmuan di BMKG, tentang prediksi hingga awal tahun, kemungkinan-kemungkinan terjadi bencana bisa muncul karena perubahan cuaca secara global," jelasnya.

Sementara itu, Camat Ujung Tanah, Ibrahim Chaidar Said, S.IP, M.Si memerintahkan, para lurah untuk mengontrol, memantau wilayah dan kanal-kanal yang ada di wilayah kecamatan ujung tanah pada Rabu 19 Januari 2022.

"Kita tetap waspada sesuai, sesuai perintah dan arahan Walikota Makassar," tandasnya.

Selain itu Ibrahim Chaidar langsung turun memantau di Posko Siaga Bencana Banjir dan Angin Puting Beliung. "Alhamdulillah di wilayah Kecamatan Ujung Tanah Makassar, masih aman dan terkendali," tutur Ibrahim.

Lanjut Ibrahim mengatakan para lurah harus aktif memonitoring wilayah masing-masing, khususnya di wilayah yang masuk zona langganan banjir tahunan setiap musim penghujan datang. "Kemudian para lurah dalam memonitoring baik secara tekhnis maupun dalam bentuk informasi, posko bencana harus aktif 24 jam," tegas Ibrahim.

Begitu juga khususnya Satgas Kebersihan dan Satgas lainnya, agar mengontrol dan melihat pohon- pohon yang berpotensi bisa tumbang ketika cuaca angin kencang terjadi, termasuk drainase-drainase para lurah memastikan tidak ada sampah yang menghambat akses air.

"Jadi dihimbau para lurah, agar setiap saat turun mengontrol wilayahnya, melihat drainase-drainase yang tersumbat dan pohon-pohon yang berpotensi tumbang, semoga semuanya berjalan aman dan terkendali, tutup Camat Ibrahim Chaidar Said. (Lis/rn-mks)

Posting Komentar

0 Komentar