SYARAT PROGRAM SEKOLAH BINTANG LIMA, JIKA PERPUSTAKAAN SESUAI STANDAR

Laporan Mahyuddin Dari Makassar

realitasnews.net - Makassar- Semua perpustakaan sekolah harus memiliki Nomor Pokok Perpustakaan ( NPP), nanti akan perintahkan semua sekolah untuk memperhatikan perpustakaannya dan tenaga perpustakaannya harus jelas. "Jadi itu salah satu syarat wajib dalam memiliki Nomor Pokok Perpustakaan," ucap Muhyiddin, SE, M.M, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, didampingi sejumlah rombongan pejabat struktural, fungsional, serta Tenri Apalallo berlangsung di Kantor aula Dinas Pendidikan, pada Rabu lalu, (5/1/2022).

Menurut Muhyiddin, perpustakaan bagian terpenting dalam pendidikan dan salah satu syarat sekolah bisa mendapat gelar sekolah Bintang Lima sesuai visi dan misi Walikota Makassar, maka perpustakaannya harus sesuai Standar Nasional Perpustakaan ( SNP ).

Lanjut Muhyiddin mengatakan, Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan adalah salah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, ia menyadari bahwa perang perpustakaan itu sangat penting. Dia mengakui, selama menjabat di Dinas Perpustakaan kurang lebih lima tahun, banyak manfaat dari perpustakaan.

"Jadi saya tahu persis. Tidak mungkin ada orang berhasil dan sukses tanpa membaca, olehnya itu perpustakaan sekolah harus bagus dan sesuai Standar Nasional," ungkapnya.

Selain itu, Dinas Pendidikan akan mendukung program Sentuh Pustaka dan ia tidak mau mendengar bahwa ada pihak sekolah yang tidak merespon program tersebut. Tim Sentuh Pustaka didalamnya ada para Pustakawan, mereka bekerja atas panggilan jiwa.

"Jadi kasih tempat mereka untuk bekerja, patut kita bersyukur karena sudah dibantu serta diberikan pendampingan," ucap Mahyiddin.

Begitu pula Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri Apalallo mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatian kepada Kepala Dinas Pendidikan. Tenri mengatakan sampai hari ini Perpustakaan Sekolah yang diakreditasi masih 19 unit. "Artinya, itu masih sedikit sekali," tutur Tenri.

Sementara itu, SD Negeri atau Swasta sebanyak 459 unit dan SMP Negeri/Swasta sebanyak 230 unit. Kemudian ditambah PAUD, jumlah PAUD / TK sebanyak 915 unit. Selain Perpustakaan Sekolah, Dinas Perpustakaan juga membina Perpustakaan Kecamatan, Kelurahan dan Kepulauan. Yaitu Perpustakaan khusus dan Perpustakaan Komunitas yang akan dibina sebanyak 1824 unit.

Kegiatan pertemuan ini berjalan dengan baik, aman dan lancar sekaligus dirangkaikan silaturahmi dan penuh kekeluargaan serta dihadiri masing- masing pejabat struktural, fungsional kedua belah pihak. Kegiatan program standar perputakaan turut hadir Sekretaris Pendidikan ( Sekdis ) Aminuddin Tarawe, Kabid GTK Dinas Pendidikan Kota Makassar, Pantja Nur Wahidin dan Kabid PAUD DIKMAS, Hikmah Manganni beserta pejabat fungsional dan staf.

"Dari Dinas Perpustakaan juga hadir Sekretaris Dinas, Andi Mappayukki, Kabid Pengembangan Koleksi dan Perawatan Bahan Pustaka, Alih Media dan TI Perpustakaan, Bau Ismail Datu Sawa, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran yang sebagai moderator pertemuan, Muh. Thato Amran Kudus serta sejumlah pejabat Fungsional Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan Stafnya," tutupnya.(mhy/lis/rn-mks)

Posting Komentar

0 Komentar