KEGIATAN GLADI BERSIH ASESMEN NASIONAL DI GELAR DI UPT SPF SDN KALUKUANG 1 MAKASSAR

Laporan M. Ilyas dari Makassar

realitasnews.net- Makassar- Kegiatan gladi bersih Asusmen Nasional Tahun 2021 yang diselenggarakan di UPT SPF SDN Kalukuang 1 Kecamatan Tallo Makassar pada Selasa 2 /10 /2021.

PLT Kepala Dinas Pendidikan Nielma Palamba menjelaskan bahwa Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu dan kesenjangan antara bagian di dalam sistem pendidikan, kesenjangan antara kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah.

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan atama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran" jelasnya.

Selain itu, Sukardi, S.Pd selaku Kepala Sekolah UPT SPF SDN Kalukuang 1 Kecamatan Tallo Makassar ketika ditemui media realitasnews di ruang kerjanya baru- baru ini mengatakan kegiatan Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ).

"Semoga para siswa yang telah terpilih mengikuti kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik, aman, lancar tanpa kendala. Begi juga berbagai persiapan sebelum melaksanakan Gladi Bersih ANKB pun dilakukan pada setiap sekolah" ungkapnya. Lanjut Sukardi mengatakan Gladi Bersih Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar. Menurutnya satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil hasil belajar murid yang mendasar ( literasi, numerasi, dan karakter ) serta kualitas proses belajar mengajar. "Informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar," kuncinya.( lis.rn )

Posting Komentar

0 Komentar