Gugus II Kompleks SDN Kalukuang Kec. Tallo Terapkan Media Pembelajaran Canggih

Realitas News Pendidikan Nasional 
Laporan M. Ilyas HS

  “Tujuan semua peserta didik diharapkan, utamanya yang ada dalam Gugus II dalam proses pembelajaran, menggunakan ITE, karena zaman sekarang harus mampu menggunakan media pembelajaran yang canggih dan kita harus mengikuti perkembangan yang canggih. Sistem penggunaan yang berbasis Teknologi pembelajaran digital dan tidak ada alasan lagi pendidikan yang gagal dalam penggunaan ITE”.

realitasnews.net -- Makassar, -- Profesionalisme guru dalam kegiatan belajar mengajar, senantiasa dituntut dan menjadi barometer dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui penyelengaraan bimbingan Gugus II di Kompleks UPT SPF SDN Kalukuang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. dilaksanakan, di Sekretariat Gugus Tugas 2 Keacamatan Tallo,

 Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) UPT SPF SDN Kalukuang 2, Zahra Latief, S.Pd, mengungkapkan, Program ini dilaksanakan untuk mewujudkan salah satu program Pemerintah Kota Makassar dalam bidang pendidikan, dan dipusatkan di sekretariat Pusat Gugus II.

“Tujuannya, agar semua peserta didik yang ada dalam gugus II maupun menggunakan ITE dalam proses pembelajaran, karena zaman sekarang, kita harus mampu menggunakan media pembelajaran yang canggih dan kita harus mengikuti perkembangan yang canggih pula dalam sistem penggunaan yang berbasis Teknologi Pembelajaran Digital,” ungkapnya. 

Lanjut Zahra menjelaska, jadi tidak ada alasan lagi pendidikan yang gagal dalam penggunaan ITE, sebab semua sekolah yang ada di gugus II hadir dalam kegiatan tersebut, dan tiap sekolah di wakilkan 6 orang guru kelas untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah dan Kepala Sekolah.

“Kemudian kegiatan gugus II Kecamatan Tallo Makassar melatih guru-guru dalam pembelajaran dengan sistem penggunaan Leaming Management System’ Zenru ( Zenius ),” jelasnya. 

Zahra Latief, S.Pd menambahkan, dalam suatu proses pembelajaran, terjadi proses interaksi antara guru dan siswa. Disinilah sangat diperlukan kedisiplinan baik oleh guru maupun siswa. Terciptanya situasi yang disiplin dapat menimbulkan jalannya pelajaran yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan. 

 “Oleh karenanya, guru-guru harus disiplin mengajar, agar secara efektif dapat dicapai suatu etos kerja yang semaksimal mungkin dalam rangka meningkatkan mutu pengajaran di kelas,” tutur Zahra Latif. 

Selain itu, Sukardi, S.Pd., menambahkan, selaku Kepsek UPT SPF SDN Kalukuang 1 Makassar menekankan bahwa pendidikan di sekolah dasar merupakan salah satu bentuk penyelenggara pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik ( Kordinasi Motorik halus dan kasar ) serta kecerdasan ( daya fikir, daya cipta ), kecerdasa emosi, kecerdasan spiritual ), Sosio emosional ( sikap dan perilaku serta agama ).

Disela-sela kegiatan itu, Kepsek UPT SPF SDN Kalukuang 3 Makassar, Meri, S.Pd mengatakan, terpenting yang diterapkan, yaitu kedisiplinan baik guru dan murid harus ditingkatkan. Kenyataan menunjukkan bahwa dalam suatu kehidupan, orang- orang yang berhasil dalam hidupnya kebayakan dilandasi oleh disiplin kerja diri yang sangat tinggi. 

 “Untuk itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada guru, orang tua siswa serta yang semua yang hadir dalam kegiatan gugus II ini. Meskipun kegiatan ini yang dilaksanakan ditengah Pandemi Covid-19 dengan kita menerapkan protokol kesehatan dengan ketat agar terhindar dari virus Corona Covid-19,” tututpnya sembari mengatakan, Kegiatan ini dilaksanakan oleh tiga sekolah yakni UPT SPF SDN Kalukuang 123 bersama guru- guru segugus II mengenai sistem pembelajaran digital.( Lis/rn-mks)

Posting Komentar

0 Komentar