KEGIATAN MOS YANG MENARIK DAN MENDIDIK DI UPT SPF SDN KALUKUANG IV MAKASSAR

realitasnews.info,- MAKASSAR --- Kepala Sekolah UPT SPF SDN Kalukuang IV Kecamatan Tallo Makassar, Aisyah Bahdar, S.Pd, usai masa penerimaan peserta didik baru ( PPDB ), akan disusun dengan kegiatan orientasi. Kegiatan dalam Masa Orientasi Siswa ( MOS ), bahkan dilakukan disemua jenjang, mulai TK hingga SMA/ SMK. Harapan semua pihak terkait, MOS diisi dengan kegiatan yang menarik dan mendidik, bukan justru yang menyeramkan. Sudah banyak peristiwa memilukan terjadi setiap tahun, yang korban saat kegiatan MOS. Hal itu diharapkan tidak terulan lagi dengan mempersiapkan sejak awal kegiatan MOS yang menarik dan edukatif. “Masa orientasi merupakan masa transisi, mengenal dan beradaptasi dari seorang siswa terhadap kehidupan sekolah barunya. Disini perlu ditandaskan mengenai kebiasaan dan aturan- aturan di sekolah yang bersangkutan,” katanya.

Lanjutnya, begitu pula kegiatan MOS harus banyak menyampaikan visi dan misi sekolah serta kegiatan yang akan dilakukan. Siswa baru diharapkan akan semua hal terkait sekolah dan kegiatan meningkatkan prestasi sekolah. Selain itu, Aisyah mengungkapkan, Masa Orientasi Siswa ( MOS ) yang diselenggarakan secara virtual zoom dengan diikuti oleh seluruh siswa, kegiatan tersebut diawali dengan laporan ketua panitia Hartina, S.S, kemudian dilanjutkan sambutan kepala sekolah Aisyah Bahdar, S.Pd sekaligus kegiatan MOS pada Senin 12 Juli 2021.

Sambung Aisyah mengatakan, dalam suasana Pandemi Covid-19 kita tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi himbauan pemerintah dan mari kita semua terus mendukung program Walikota Makassar dalam mengatasi pandemi Covid-19 selalu memakai masker mencuci tangan dan menjaga jarak, agar kita semua terhindar dari virus Corona Covid-19. “Untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar para siswa dalam kegiatan orientasi juga dapat dimasukkan berbagai aktivitas yang mampu merangsang siswa untuk menentukan langkah dalam mencapai tujuan dan cita- citanya, seperti membuat life mapping dan berbagai kegiatan lainnya. Demikian juga sekolah dapat dengan bebas merencanakan serta merumuskan berbagai kegiatan positif yang mampu menunjang proses pengenalan lingkungan bagi para siswa baru," ungkapnya.

Disisi lain, Hartina, S.S sebagai Ketua Panitia dalam sambutan mengatakan, antusiasme peserta didik baru sangat luar biasa dalam mengikuti virtual zoom, saya berharap semoga pandemi virus Covid-19 segera cepat berakhir, kita berdoa bersama agar kita semua bisa kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka seperti tahun- tahun sebelumnya. “Dalam kegiatan MOS dimulai dari pengenalan lingkungan fisik sekolah yang terdiri dari sarana dan prasarana, fasilitas yang ada di sekolah. Kami pihak sekolah menampilkan video lingkungan fisik sekolah yang menggambarkan keadaan dan kondisi sekolah secara nyata. Sehingga ketika sekolah kembali aktif seperti biasa, siswa tidak lagi menjadi asing dengan berbagai sarana dan fasilitas sekolah." jelasnya.

Aisyah Bahdar, menambahkan, pandemi Covid-19 tidak bisa dijadikan alasan sebagai penghalang untuk mewujudkan tujuan yang mulia ini, karena bagaimanapun pendidikan tidak hanya hadirnya siswa di sekolah, akan tetapi sejau mana sekolah mampu menghadirkan pengetahuan dan pengalaman untuk menambah wawasan siswa dan orientasi virtual. “Kegiatan orientasi pada tahun ini dan berefek pula pada pola pemikiran siswa baru terhadap tugas dan tanggung jawab sebagai siswa di sekolah tersebut," tandasya. (Lis/RN-MKS)

Posting Komentar

0 Komentar