Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Di Sekolah-Sekolah Dalam Rangka PTM

Kerjasama Antar Puskesmas Jumpandang Baru dan UPT SPF SDN Kalukuang 2 Makassar
Realitasnews.info. Makassar – Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puskesmas Drg. Fausiah Bakhtiar mengadakan sosialisasi pertemuan Kepala Sekolah dan guru pendidik di wilayah Kecamatan Tallo, Makassar, sebagai kegiatan untuk Pemberdayaan Masyarakat dalam Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19, dalam rangka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang dilaksanakan pada Jum'at lalu (25/06/2021) pukul 08, 30 bertempat di Aula Kantor Lurah Wala-Walaya - Lantai 2.

Menurut Fausiah, Corona ini tidak bisa dianggap sepele, karena masih banyaknya kasus pandemi Covid-19 yang terjadi di wilayah kerja puskesmas Jumpandang Baru Kecamatan Tallo Makassar. “Untuk itu, sosialisasi Pencegahan Covid-19 di sekolah-sekolah harus dibuatkan semacam pedoman untuk panduan bagi pelaksana pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 ditingkat sekolah,” kata Fausiah. Dalam kegiatan ini, sambung Fausiah, sebagai pemateri atau pembicara adalah Haerunnisa, memaparkan tentang pola hidup yang sehat. Hal tersebut, lanjutnya, karena melihat keadaan dan kondisi saat ini, Pandemi Covid-19 masih merajalela. “Saya sarangkan, agar selalu mematuhi protokol kesehatan, cuci tangan di air yang mengalir, biasakan pake masker dan jaga jarak, agar pelaksanaan sosialisasi pola hidup sehat sebagai pencegahan Covid-19 di lingkungan sekolah tetap dijaga dengan sebaik mungkin,” jelasnya ditengah-tengah kegiatan tersebut, dihadiri Kepala Puskesmas Jumpandang Baru pemateri Haerunnisa, Kepala Sekolah dan para Guru SD di wilayah Kecamatan Tallo - Makassar.

Sambung Plt. Kepala Puskesmas Jumpandang Baru ini, kita antisipasi agar Virus Corona-19 tidak menular secara luas dan terus kita lakukan. Tujuannya, tambah Fausiah, untuk menciptakan kesehatan lingkungan baik melalui sekolah, maupun masyarakat pada umumnya. “Jadi diharapkan bila nanti akan dilaksanakan pembelajaran tatap muka( PTM ) pihak sekolah sudah siap dengan dibantu serta dibimbing dari pihak Puskesmas,” tukasnya.

Sementara Haerunnisa menjelaskan, persiapan dari pihak sekolah nantinya termasuk, Identifikasi resiko kebijakan yang nanti akan di terapkan. Kemudian Indetifikasi kebutuhan, Indentifikasi sumber daya simulasi, evaluasi dan Implementasi. Selain itu, Kepala Sekolah UPT SPF SDN KALUKUANG 2, Kecamatan Tallo-Makassar, Zahra Latif, S.Pd kepada awak media mengatakan, pihak Puskesmas Jumpandang Baru mengundang beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Tallo, termasuk sekolah kami untuk hadir dalam kegiatan sosialisasi pemberdayaan masyarakat dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. “Kami bersama guru-guru hadir, yaitu saya sendiri kepala sekolah, Sahril, S.Pd, Rezka Ayu Lestari, S.Pd, M.Pd, dan Supriyanty Nur, S.Pd, saya mengutus tiga orang guru untuk menghadiri sosialisasi penanganan Covid-19 yang dilaksanakan oleh lembaga pemberdayaan masyarakat di Puskesmas Jumpandang Baru Kecamatan Tallo Makassar,” ungkapnya.

Zahra Latif menambahkan, Kegiatan ini penting, sebab meningkatkan komunikasi dan koordinasi agar pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19, juga diminta untuk saling berkoordinasi dalam mensosialisasikan dan mengawasi agar dapat berjalan dengan baik. “Kegiatan ini ada tanya jawab dan berjalan lancar serta aman, sebab selalu ada protokol kesehatan." kunci Zahra Latif tersenyum. (Lis/rn-mks)

Posting Komentar

0 Komentar