Prof. Nurdin Abdullah : “Kehadiran SATLINLAMIL III, Energi Baru Untuk Makassar”

 

realitasnews.info,-  Dalam kunjungannya Panglima Komando Lintas Laut Militer (PANGKOLINLAMIL) menyampaikan, akan ada peresmian Satuan Lintas Laut Militer ( Satlinlamil ) III di Makassar. Dan peresmiannya, kata Pangkolinlamil, dilaksanakan pada hari ini, Rabu (02/12/2020) berlangsung dengan upacara di Dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar.


Sehari menjelang peresmian Satlinlamil III Makassar, Panglima Komando Lintas Laut Militer ( Pangkolinlamil ) Laksana Muda ( Laksda ) TNI Irwan Achmad, M.Tr ( Han ) melaksanakan kunjungan kehormatan ke Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr Selasa kemarin 01 Desember 2020,

Kunjungan ini disambut langsung oleh Gubernur Sulsel kemudian diadakan pertemuan dan dilanjutkan diruang Baruga Lounge kantor Gubernur Sulsel.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sulsel, H. M. Nurdin Abdullah menyampaikan akan mendukung penuh atas berdirinya Satlinlamil III di kota Makassar, dalam hal ini penyiapan lahan serta fasilitas yang akan dipakai untuk operasional Satlinlamil 3 Makassar.

Menurut Nurdin, tujuan didirikannya Satlinlamil III Makassar adalah untuk membantu mendukung penggeseran pasukan dan Divisi Infaneri 3/ Kostrad melalui Lintas Laut Militer yang akan berangkat untuk pengamanan perbatasan. Dan untuk  sementara kantor Satlinlamil III masih melekat di Mako Lantamal VI sambil menunggu lahan yang masih disurvey untuk Mako Satlinlamil III ini," ucapnya.

Dalam kunjungan ini, turut hadir mendampingi Pangkolinlamil yaitu Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dr. Binny Sukandari, S.E, M.M., CHRMP, Ir Kolinlamil Laksamsna Pertama TNI Frendy H.Saragih, S.E, CFrA,  Sekda Provinsi Sulsel, serta para Asisten Pangkolinlamil, Asisten Danlantamal VI dan Dansatlinlamil III Makassar. Kemudian di akhiri kunjungan, kedua pejabat tersebut saling memberikan cenderamata berupa plakat dengan logo khas dari kedua Instansi yang berbeda.

Lanjut Nurdin menjelaskan, bahwa ini merupakan energi baru yang hadir di Kota Makassar, apabila di Sulsel ini adalah termasuk daerah yang rawan akan bencana, jadi dengan hadirnya Satlinlamil III diharapkan dapat membantu masyarakat yang berada di pulau sekitar Sulsel apabila terkena bencana.

Mengawali Kunjungan kerja (kunker)nya, Laksda TNI Irwan Achmad, M.Tri ( Ham ) mengunjungi Gubernur Sulawesi Selatan, HM. Nurdin Abdullah di Panakukang Makassar. Kemudian berlanjut ke Pangdam XIV Hasanusdin dan terakhir mengunjungi Kapolda Sulawesi Selatan di Biringkanaya Makassar.

kunker ini merupakan salah satu bentuk silahturahmi Panglima Kolinlamil dengan  3 Forum Pimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Kolinlamil sebagai salah satu Kotama TNI AL akan menresmikan pembentukan satuan pelaksana yaitu Satuan Lintas Laut Militer III Makassar.

Menurut Laksda TNI. Irwan Achmad saat di konfirmasi awak media menjelaskan, Satuan Lintas Laut Militer III Makassar adalah salah satu satuan pelaksana Komando Lintas Laut Militer yang mempunyai tugas pokok dan tanggung jawab untuk menyiapkan unsur-unsur KRI jajaran Satlinlamil III Makassar. Artinya, kata irwan, ini dalam rangka mendukung tugas-tugas Kolinlamil dalam mengembang fungsi strategis sebagai pembina tunggal sistem Angkatan Laut Militer dan pembina potensi angkatan Laut Nasiinal.

"Tugas- tugas yang dihadapi kedepan di antaranya, untuk mendukung pengamanan pulau- pulau terluar dan pergeseran pasukan serta angkutan peralatan strategis lainnya bagi Divisi 3 Komando Strategis Angkatan Darat ( Kostrad ) dalam pengamanan terbatas diwilayah timur dan tuga- tugas lainnya,” ungkapnya.

Dengan berdirinya Satlinlamil III Makassar, sambung Irwan, akan memberikan keleluasan bagi Kolinlamil dalam melaksanakan operasi dalam pengamanan di wilayah- wilayah perbatasan Indonesia bagian timur. (lis/rn-mks)

Posting Komentar

0 Komentar