Bupati Bone Terima Penghargaan Tertinggi Nasional Swasti Saba

RealitasNews-Bone. Setiap daerah memiliki potensi dan prestasi. Kali ini Pemerintah Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, kembali menerima penghargaan Nasional Swasti Saba, di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, baru-baru ini. Penghargaan untuk yang ketiga kalinya bagi Kabupaten Bone ini di serahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, DR. Terawan Agus Putranto.

Penghargaan Swasti Saba diterima langsung oleh Bupati Bone, DR.H.A.Fahsar M. Padjalangi, M.Si. didampingi oleh Kadis Kesehatan,  Hj.A.Khasma  tersebut adalah penghargaan tertinggi Swasti Saba, yaitu Kategori Wistara.

Penghargaan ini merupakan wujud sinergitas antara pemerintah daerah dan masyarakat Bone dalam mewujudkan program Kabupaten Sehat tahun 2019, sesuai indikator penilaian yang dilakukan tim penilai dari pusat September lalu.

Penilaian pelaksanaan KKS, terdiri dari bedah dokumen, verifikasi lapangan, hingga menetapkan hasil bagi daerah yang akan mendapat penghargaan.

Seperti diketahui, penghargaan KKS dari Kementerian Kesehatan RI ini terdiri dari tiga tingkatan antara lain : Swasti Saba yaitu tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda), dan pengembangan (wistara).

Sedang penilaian Kabupaten Kota Sehat dihelat setiap 2 tahun sekali secara Nasional. Pada tahun 2015 Bone meraih piala Swasti Saba Padapa (taraf pemantapan). Kemudian Tahun 2017 meningkat menjadi Swasti Saba Wiwerda (taraf Pembinaan). Kemudian tahun 2019 ini Kabupaten Bone kembali berhasil meraih penghargaan Swasti Saba dengan kategori tertinggi yaitu Swasti Saba Wistara (pengembangan).

Menurut Bupati Bone A.Fahsar, Kabupaten Bone suda tiga kali meraih Penghargaan Swasti Saba yakni tahun 2015, 2017, dan 2019 secara berturut- turut.
"Ini menunjukkan semakin meningkatnya pemahaman masyarakat Bone tentang pentingnya kesehatan lingkungan," ungkapnya.

Olehnya itu, dia meminta hal ini dijaga dan terus ditingkatkan agar Bone semakin bersih dan kesehatan lingkungan makin terjaga. (Faiz/RN)


Posting Komentar

0 Komentar