Andi Ikhsan Marzuki : "Jadi Abdi Negara Harus Optimis Kerja yang Terbaik"

Meretas karir sebagai abdi negara, memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), butuh proses perjalanan kari yang lama dan berliku.

Tidak hanya itu,  integritas sebagai abdi negara harus betul-betul punya loyalitas, kapasitas dan akuntabilitas serta profesionalisme yang selalu menjadi tuntutan dan harapan bangsa dan negara.

Sebagai sosok abdi negara yang sudah terbilang lama menggeluti bidangnya, yakni Andi Ikhsan Marzuki yang kini menjabat  Bagian Kemahasiswaan di Universitas Negeri Makassar (UNM), yang berkantor di menara Phinisi UNM, Lantai 2, sudah mengantongi banyak pengalaman dan sejumlah prestasi.

Tidak salah, bila ayah dari 2 anak ini (putra-putri), dapat berbicara tentang lika-liku dan suka duka menjadi abdi negara.

Menurut, Andi Ikhsan, dalam menjalani tugas negara kita harus kedepankan jiwa patriotisme dan optimisme. Karena, kata Ikhsan,  bila kedua hal tersebut kita miliki, maka kerja kita pasti baik dan benar.

Lanjut Alumni SMA PPSP IKIP Ujung Pandang (sekarang SMA Negeri 11) tahun 1985 ini, menjelaskan bahwa perjalanan karirnya selama menjadi PNS sampai sekarang ini menjabat, bagian kemahasiswaan UNM, proses perjuangannya panjang.

"Saya berharap kedepan, para PNS yang baru terangkat, jangan langsung puas dan bangga, teruslah bekerja dengan tulus, penuh loyalitas, pasti akan dapat dilalui semua rintangan dan Tuhan akan memberikan yang terbaik, tentang apa yang kita telah ikhtiarkan," tutur Andi Ikhsan saat ditemui di ruangannya.

Lebih jauh, alumni IKIP Ujung Pandang tahun 1994, jururan Arsitek ini, memaparkan, dirinya masuk ke UNM sekira10 tahun yang lalu di bagian perencanaan. Sebelumnya terangkat  jadi guru di SMK Negeri 3 Palu, lalu pindah menjadi struktural di UNM.

"Harapan saya,  kedepan terus melangkah mencari impian yang sampai saat ini bertengger di cakrawala---impian itu lebih banyak mengabdi di UNM dan akan berbuat yang terbaik, serta harus banyak berkarya demi bangsa dan negara, jadi kepala Biro semoga menjadi impian indah dalam perjalanan karirnya," tukasnya.

Suami Hasnawati Ikhsan, dalam kesehariannya tampil rapih, sopan dan santun. Sosok Andi Ikhsan Marzuki dikenal dikalangan akademis UNM, orangnya murah senyum, ramah, santun dan orangnya mudah bersahabat.

Dalam setiap kalimat senantiasa menitipkan pesan indah kepada kawan sebagai kalimat pencerahan dalam setiap gerak langkahnya.

"Kita butuh air hujan, agar kita dapat melihat pelangi indah di hati kita," kunci Andi Ikhsan Marzuki sembari mengatakan, biarkanlah teman-teman menterjemah dan mentafsirkan sendiri kalimat diatas seperti apa maunya.

PENDIDIKAN :
Alumni : SMA PPSP IKIP U.P (SMAN 11) Tahun 1985.
Alumni : IKIP U.P JUR. ARSITEK. 1992

PERJALANAN KARIR :
Tahun 1994, Terangkat jadi guru di SMK Negeri 3 PALU.          
Lalu pindah ke UNM di bidang perencanaan hingga menjabat bagian kemahasiswaan UNM Makassar.

KELUARGA :
Naman Istri : Hasnawati Ikhsan   (Tenaga Pengajar di SMK Negeri 8 jurusan Perhotelan)
   
Dikarunia Putri-Putra :
- Putri pertama :  Andi  Tenri Hardianti
   Sementara menyelesaikan studinya di pasca sarjananya di UNM bahasa Inggris

- Putra kedua : Andi Fuad Mawazi, sementara menyelasaikan studinya di fakultas Ekonomi,  jurusan Manajemen semester 3. (amna/sf-RN)

Posting Komentar

0 Komentar