Kasat Lantas Nabire, AKP. Ramli Sihombing : Kami Hadir Untuk Mengurangi Resiko Kecelakaan Lalu Lintas

Setidak-tidaknya kita mulai dari diri kita sendiri seraya mengajak orang lain untuk ikut serta dalam mengamankan jalan raya yang semakin penuh sesak dengan kendaraan bermotor dari hari ke hari. 
Kecelakaan lalu lintas adalah sesuatu yang sangat sering terjadi di sekitar kita.  Kecelakaan tidak hanya dapat terjadi akibat kelalaian kita saja, namun bisa juga karena kelalaian orang lain yang sama-sama menggunakan jalanan umum yang sama dengan kita. 

Laporan Wartawan Daeng Sila dari Nabire

Itulah sebabnya mengapa kita harus berusaha mencegah terjadinya kecelakaan yang mungkin disebabkan oleh kelalaian diri kita serta mengajak orang lain untuk turut serta menciptakan kondisi berlalu lintas yang aman demi kebaikan bersama.

Menurut KASAT LANTAS NABIRE,  AKP. Ramli Sihombing, ada  Beberapa Upaya  atau Cara Untuk Mengurangi Resiko Kecelakaan Lalu Lintas Mobil  dan Sepeda Motor  atau pengguna jalan lainnya, yaitu:  Berdoa sebelum melakukan bepergian ke mana-mana, Melakukan pengecekan kendaraan sebelum digunakan,  Melakukan service rutin secara berkala di bengkel terpercaya, Tidak menggunakan suku cadang yang tidak jelas kualitasnya, Tidak mengendarai kendaraan pada saat mengantuk atau kurang kesadaran,  Membawa kendaraan tidak dengan kecepatan tinggi

Sambung KASAT LANTAS NABIRE,  AKP. Ramli Sihombing,  Selalu mentaati segala rambu lalu lintas yang berlaku selama perjalanan,  Menjadi orang yang sabar tingkat tinggi selama di perjalanan, Tidak mengambil resiko apa pun saat berkendara, Menahan diri untuk menggunakan handphone dan alat komunikasi lainnya,  Tidak melakukan aktivitas lain selain mengemudi dengan baik dan benar,  Mengalah kepada orang yang ugal-ugalan di jalan umum, Menunda kepergian ketika sedang dalam kondisi yang tidak mendukung, Tidak mengatakan kata-kata kasar dan kotor pada pengguna jalan lain, Berhati-hati dan waspada ketika melewati jalan yang jarang dilewati

Lanjut KASAT LANTAS NABIRE,  AKP. Ramli Sihombing,  Mengutamakan sepeda motor ketika bermobil di jalan padat merayap,  Selalu memakai sabuk pengaman dan helm sebelum menjalankan kendaraan, Menambah fasilitas keamanan pada kendaraan yang digunakan, Memasang segitiga merah saat kendaraan berhenti di pinggir jalan, Segera menepi ketika kendaraan mengalami masalah teknis.
KASAT LANTAS NABIRE,  AKP. Ramli Sihombing menambahkan,  tanpa terciptanya suasana tertib berlalu lintas yang baik antar sesama pengguna jalan, mustahil untuk mengurangi angka terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya secara signifikan.  Setidak-tidaknya kita mulai dari diri kita sendiri seraya mengajak orang lain untuk ikut serta dalam mengamankan jalan raya yang semakin penuh sesak dengan kendaraan bermotor dari hari ke hari. 

KASUS LAKA LANTAS PERIODE JANUARI SAMPAI DENGAN SEPTEMBER 2017
1. KASUS KECELAKAAN LALU LINTA , PERIODE JANUARI SAMPAI DENGAN SEPTEMBER 2017:
- RODA DUA 42 KASUS
- RODA EMPAT 28 KASUS
2. PENYEBAB KECELAKAAN , DIDOMINASI OLEH :
- ALKOHOL 20 KASUS
DALAM BENTUK LAKA TUNGGAL DAN DIPERBURUK DENGAN TIDAK MEMAKAI HELM
-TIDAK TERTIB DALAM BERLALU LINTAS   = 8 KASUS
TIDAK MEMAKAI TATACARA LALU LINTAS DALAM KOTA
-KECEPATAN TINGGI ,AKIBAT LALAINYA DIBAWAH UMUR DLL = 40 KASUS
3.AKIBAT YANG DITIMBULKAN OLEH KECELAKAAN LALU LINTAS TERSEBUT ADALAH:
-  MD: MENINGGAL DUNIA 40 JIWA
- LK : LUKA BERAT 83
- LR : LUKA RINGAN 53
-KERUGIAN MATERI Rp.281.600.000;
4. ANJURAN / HIMBAUAN KEPADA PENGGUNA  JALAN:
- TERTIB LALU LINTAS :TIDAK TERTIB DALAM LALU LINTAS AKAN MEMBAHAYAKAN DIRI SENDIRI DN ORANG LAIN
- JANGAN MENGKONSUMSI MIRAS,SAAT AKAN BERKENDARA: TDK DEAPAT MENGUANSAI/MENGENDALIKAN DIRI SENDIRI DAN LALU LINTAS

BIODATA :
KASAT LANTAS NABIRE,  AKP. Ramli Sihombing :
- MASUK POSISI THN 1984-1985 DI PAPUA JAYA PURA DARI BINTARA DI TEMPATKAN DI POLDA PAPUA .
- PA BINTARA PJR MASUK PERWIRA 2010 DITEPATKAN DI PORES SARMI KAUR KBO LANTAS SARMI TAHUN 2011 SAMPAI 2013 .
- THN 2013 KEMBALI KE POLDA KAMIT PJR DIF LANTAS POLDA PAPUA
- THN 2016 PINDAH KE KEERON SEBAGAI KASAT LANTAS POLRES KEERON PAPUA SAMPAI MARET 2017 .
- TAHUN 2017 DI PINDAHKAN KE NABIRE SEBAGAI KASAT LANTAS SAMPAI SEKARANG

Posting Komentar

0 Komentar